Jumat, 27 November 2009

Tanya Jawab Tugas HR Manager


Hal penting yg mesti saya ketahui sebagai HR Manager:
Scope pekerjaan HR Manager, termasuk pengetahuannya dengan urutan sbb :
Phase Attracting: Employment Management System (manpower plan, recruitment/ selection, orientations program, Klasifikasi status karyawan - PKWT, Tetap, Peraturan Perusahaan, Kebijakan Kepegawaian, job desc dsb.
Phase Utilizing: Performance Management System (perfomance appraisal, implementasi hasil penilaian).
Phase Developing: Development Management System (training, career path, career planning, career development, sistim promosi, kaderisasi dsb.
Phase Maintaining & Rewarding (compensation & benefit): skala gaji, tunjangan, insentif,Annual Increment System.
Employee relations: jalur komunikasi biparttit, wadah kegiatan rekreatif dsb.
Phase Termination: Termination Management system ( klasifikasi pelanggaran disiplin/penyimpangan peraturan beserta sanksinya : SP 1 s/d SP 3, Scorsing, PHK, Prosedur pemberian sanksi, prosedur pengunduran diri atau PHK dsb.

Misi yg mesti saya angkat untuk dept ini dalam sebuah perusahaan?
Menjamin bahwa setiap saat HR Dept yang anda pimpin mampu menyediakan SDM sesuai kebutuhan perusahaan, baik secara kuantitas maupun kualitas.
Menjamin semua ketentuan yang diberlakukan tidak menyimpang dari undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku dan updated.
Menjamin turn over dapat ditekan serendah mungkin.
Menjamin Compensation & Benefit yang diterapkan "adil dan bersaing" baik internal maupun external.

Visi/Action Plan KONGKRIT yg harus saya terjemahkan utk memberi perubahan dlm dept tsb?
Visi & Action Plan yang konkrit serta tidak muluk2 biasanya baru dapat disusun setelah anda melakukan orientasi, survey dan mempelajari existing condition selama 3 bulan.

Langkah awal yg mesti saya lakukan saat pertama kali ada pada posisi HR Manager?
Tunjukkan muka bersahabat dan kenali semua pihak, atas, bawah, samping.... dengan senyum dan proactive. Pelajari tugas dan tanggungjawab anda secepatnya, timbulkan kesan anda adalah fast learner.

Inovasi apa yang bisa dilakukan Dept. HR yang nantinya tdk disebut sebagai "proyek menghayal" alias bisa direalisasikan?
Mendengarkan semua komplain karyawan dan harapan2nya. Inovasi dan langkah kerja yang populer sangat diperlukan di periode awal pekerjaan anda. Dan innovasi populer biasanya muncul dengan mengais dua hal ini. Tapi ingat populer disini adalah untuk kedua belah pihak.. baik karyawan maupun management. Biasanya sulit... tapi selalu ada, paling tidak satu issue sudah cukup !
Inovasi berikutnya ....lakukan studi banding dengan perusahaan sejenis, khususnya yang lebih maju dan lebih tua.. belanjalah ide2 dari HR gathering, Seminar HR, HRD forum dsb.


sumber dari:
Widi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar