Jumat, 27 November 2009

HRIS

Bila kita berbicara dunia HRIS, maka ada 2 aspek yang akan berperan: Human Resources (HR) dan Information System (IS). Dan, bidang pekerjaan ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara kebutuhan HR dan dunia Technology Information.

Dengan demikian, ada beberapa skill set yang biasanya membantu kita untuk bisa melakukan pekerjaan HRIS dengan baik:
1. Mengerti Bisnis Proses HR yang ada di organisasi kita. Hal ini meliputi proses Perencanaan, Recruitment sampai dengan Retirement.
2. Memahami kebutuhan HR yang dapat dipenuhi dengan Sistem Informasi, seperti Reports (Pelaporan), Integrasi Data, Workflow/ Approval Process, sampai dengan Business Intelligence.
3. Mengerti kegunaan Sistem Informasi dalam membantu proses bisnis HR. Misalnya, meningkatkan Employee Satisfaction, mengurangi Employee Turn Over, meningkatkan Employee Productivity, dsb.
4. Beberapa
skill yang membantu dalam melakukan pekerjaan HRIS: Analytical Thinker, Communication, Leadership, Project Management, Coaching, Problem Solving.

Mengenai pendekatan yang terbaik, bisa mengikuti program formal ataupun non formal untuk meningkatkan pengetahuan HR Anda. Untuk yang formal, banyak program Pasca Sarjana MM yang memiliki kelas SDM sebagai salah satu bagian dari programnya. Setahu saya belum ada program S-2 spesifik mengenai HR di Indonesia. Di sisi lain, banyak kursus, seminar, workshop yang mengupas hal-hal yang spesifik di dalam HR.

Sedangkan untuk sisi IT-nya atau Sistem Informasi-nya, bisa mengikuti perkembangan HRIS melalui penyedia
software atau aplikasi HR. Karena biasanya para software provider selalui mengikuti perkembangan terakhir mengenai perkembangan dan kebutuhan HR yang terkini. Mereka juga memiliki "best practice" HR yang sudah dibuat di dalam aplikasinya.

1 komentar:

  1. Informasi tambahan mengenai HRIS dapat dikunjungi di

    http://www.mirclyron.com

    BalasHapus